Artikel Sehat

Spesialis Mata Labuang Baji : dr. Darwis, Sp.M, M.Kes ; Radiasi Sinar Matahari Picu Katarak

Spesialis Mata Labuang Baji : dr. Darwis, Sp.M, M.Kes ;  Radiasi Sinar Matahari Picu Katarak. Katarak tak hanya rentan terjadi pada lansia. Akan tetapi, penyakit ini juga bisa menyerang mata di usia muda. Dokter spesialis mata dr. Darwis, SpM M.Kes, mengatakan bahwa katarak merupakan penyakit yang tak hanya rentan terjadi pada orang tua. Namun bisa juga terjadi pada anak dan remaja. 

“Seseorang yang pekerjaannya keseringan terkena langsung paparan sinar matahari seperti petani, nelayan, buruh, bisa lebih cepat terkena katarak”  Ucap dokter yang bertugas di Rumah Sakit Labuang Baji itu.

Potensi terkena katarak kata dr Darwis melanjutkan, rentan terjadi pada tenaga medis yang bekerja di bagian radiologi yang keseringan melihat sinar X-Ray.

Katarak juga bisa terjadi akibat keseringan kemasukan debu dan ada interaksi tangan menggosok mata sehingga debu yang ada dalam mata akan lebih mudah menempel pada selaput mata. Dan itu, yang akan menjadi awal dari terjadinya katarak. Tegas dr darwis.

Dengan teknologi yang canggih, katarak bisa disembuhkan secara cepat dengan melakukan operasi katarak menggunakan laser.

Namun untuk yang usianya sudah tua yang telah memiliki beberapa penyakit seperti diabetes, walaupun operasi pengangkatan katarak berjalan normal, namun syaraf-syaraf mata tetap tidak akan berfungsi maksimal. “ Ini akibat penyakit lain yang diderita oleh pasien,  Sehingga penglihatannya tetap akan terasa kabur”  Tuturnya.  Lihat berita lengkapnya di bawah :

Spesialis Mata Labuang Baji : dr. Darwis, Sp.M, M.Kes ; Radiasi Sinar Matahari Picu Katarak

Text & Dokumentasi : Harian Fajar/ Disunting Oleh : PKRS/ SIRS RSUD Labuang Baji SULSEL

Bagikan
Share on facebook
Share on whatsapp
Share on telegram

Lihat artikel menarik lainnya

Ikuti kami

Ikuti kami untuk mendapatkan informasi, berita penting langsung dari email kami