Berita Menarik

RS Labuang Baji melalui promosi Kesehatan Rumah sakit melaksanakan penyuluhan PHBS di Tiga Sekolah Dasar.

RS Labuang Baji melalui promosi Kesehatan Rumah sakit melaksanakan penyuluhan PHBS di Tiga Sekolah Dasar. Beberapa anak riang gembira berlarian bergantian saling mengejar seakan tak peduli matahari dengan teriknya menyinari halaman sekolah mereka. Sejak pelajaran offline diberlakukan pemerintah pasca Covid 19, kita patut bersyukur anak-anak dapat menerima langsung pelajaran dari guru, berinteraksi, bersosialisasi dan berkegiatan seperti sediakala. Tetapi perlu dicatat bahwa penyakit Covid 19 yang melanda semua negara didunia seharusnya selalu menjadi cambuk untuk selalu waspada melakukan berbagai upaya pencegahan dan pengendaliannya.

Untuk itu Promosi kesehatan RS Labuang Baji dalam beberapa waktu yang berbeda melaksanakan upaya prefentif dengan mengunjungi 3 (tiga) sekolah dasar di sekitar lingkungan RSUD Labuang Baji. Dengan tema promosi “Pembentukan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di Sekolah”. Masing-masing sekolah yang dikunjungi yakni ; SD Labuang Baji 1, SD Labuang Baji 2 dan SD Inpres bertingkat labuang baji. Ketiga sekolah ini terletak di Kecamatan Mamajang, Kota Makassar, Sulawesi Selatan.

Antusiasme pihak sekolah terhadap kegiatan ini sangat positif, mengingat masih minimnya pemberian pengetahuan dan pembelajaran tentang perilaku kesehatan yang baik  pada anak-anak di sekolah tersebut belum maksimal. Ditambahkan lagi bahwa dijalankannya UKS (Unit Kesehatan Sekolah) masih dianggap sebagai upaya kuratif. Tentu hal ini seharusnya menjadi dorongan kita bersama dalam hal ini pemerintah dan pihak sekolah untuk senantiasa melaksanakan kegiatan yang sama dan bersifat prefentif secara rutin.

Dalam kegiatan tersebut diatas, PKRS  Labuang Baji melaksanakan pemberian masker dan penjelasan tentang fungsinya dalam mencegah penularan penyakit. Dilanjutkan dengan kegiatan inti pemberian pengetahuan dini secara sederhana tentang berperilaku bersih dan sehat di sekolah yang diantaranya cara mencuci tangan, membuang sampah pada tempat yang disediakan, membersihkan diri setelah bermain dengan air bersih dan lain lain. Upaya ini diharapkan dapat menjadi patri diri dan bekal anak-anak sejak dini dan kedepan mereka kelak menjadi dewasa.

Perlu diketahui bersama, Rumah Sakit sebagai institusi/faslitas pelayanan kesehatan rujukan berperan penting dalam mendorong seluruh pemangku kepentingan untuk berkomitmen dalam upaya promotif dan preventif dalam mencegah, mengurangi. mengendalikan risiko penyakit yang dihadapi tidak saja  pasien, keluarga pasien, SDM rumah sakit, pengunjung tetapi kepada masyarakat terutama dalam lingkungan rumah sakit dimana lokasi rumah sakit tersebut berada.

Untuk itu, peran Promosi Kesehatan Rumah Sakit (PKRS) sangat penting dan diperlukan dalam mengedepankan upaya-upaya promotif dan preventif dengan tidak mengesampingkan tindakan kuratif dan rehabilitative, sehingga seluruh aspek pelayanan kesehatan dapat terlaksana secara komprehensif.

Text & Dokumentasi : PKRS/ SIRS RSUD Labuang Baji SULSEL

Bagikan
Share on facebook
Share on whatsapp
Share on telegram

Lihat artikel menarik lainnya

Ikuti kami

Ikuti kami untuk mendapatkan informasi, berita penting langsung dari email kami